Akupreisure

Sabtu, 13 September 20140 komentar

Akupresur adalah suatu cara pengobatan dengan memberikan rangsangan pada titik atau sebagian tubuh tertentu dengan jari.


Pengobatan akupresur telah dipakai oleh ahli pengobatan Cina tradisional sejak lima ribu tahun lamanya, serta terus berkembang dan dipraktekan baik di negeri Cina sendiri maupun di negeri-negeri lain termasuk Indonesia.
Di Indonesia, sejak jaman dahulu akufuntur telah dimanfaatkan dan berkembang di masyarakat, sedangkan pelayanan akufuntur sejak tahun 1963 dilaksanakan di rumah sakit umum pusat Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
Akupresur merupakan salah satu cara akufuntur yang tidak menggunakan tusuk jarum, tetapi menggunakan pijatan dengan jari tangan, yang sampai saat ini berkembang lebih cepat di Masyarakat.

Akupresur merupakan pengobatan yang mudah dilakukan untuk pertolongan pertama mengatasi penyakit dengan gejala penyakit tertentu pada keluarga atau masyarakat sekitar yang membutuhkan pertolongan.
Penggunaannya dapat segera, tanpa menggunakan obat dan alat Bantu lainnya.

Akupresur ditinjau dari aspek kedokteran:
Mekanisme kerja akupresur ditinjau dari ilmu kedokteran menurut beberapa ahli:
Sesuai dengan teori endorphin, yaitu perangsangan pada bagian tubuh akan menghasilkan zat endorphin dari otak yang mempunyai epek menghilangkan rasa nyeri.
Bioelektrik, yaitu: rangsangan pada titik/bagian tubuh tertentu yang akan meningkatkan daya elektrik tubuh sehingga menimbulkan efek berkurangnya rasa sakit.

 Setiap benda dalam alam semesta mempunyai dua aspek yang berlawanan, tetapi saling terkait dan merupakan satu kesatuan juga bersifat tidak mutlak. Sebagai contoh pada tubuh wanita terdapat sedikit hormon laki-laki dan begitu pula sebaliknya. Aspek tersebut diberi nama Yin dan Yang. Yang berarti cahaya dan Yin berarti bayangan.Yin dapat digambarkan seperti air dengan semua sifatnya dan Yang seperti api dengan semua sifatnya.Pengelompokan Yin dan Yang dapat diterapkan pada alam semesta, mahkluk hidup, termasuk jenis keluhan dan jenis terapi dalam akupresur (pemberian rangsangan pijat/teknik pijat).

Dalam alam semesta:
YIN: Gelap, malam ,air, basah lembab, bagian bawah, dalam, barat, utara.
YANG:terang, siang, api, kering, bagian atas, luar, timur, selatan.

Tubuh manusia:
YIN: wanita, dada, perut, fisik, permukaan dalam tubuh (tidak kena sinar matahari).
YANG: pria, punggung, pinggang, mental, psikis, permukaan luar tubuh.

Organ-organ tubuh:
YIN: paru-paru, limpa, jantung, ginjal, selaput jantung, hati (organ padat)
YANG: usus besar, lambung, usus kecil, kandung kemih, tri pemanas, kandung empedu (organ berongga)

Sifat penyakit:
YIN: kronis (menahun), tenang, lama, dingin, lembab,
YANG: akut (mendadak), gelisah, baru, panas, kering.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : d'java hipnotis | d'java herbal | d'java supranatural
Jepara © 2014. Djava Terapi - Hasan CI Inspirator
Email hasanhipno@gmail.com Facebook Hasan CI inspirator
Blog lamaku abdi holistik medika